Senin, 14 Maret 2011

DaftarIistilah Sistem Operasi

1.Multi programming (multitasking)
2.Multiprocessing (pemroses)
3.Distributed Processing/ Computing (distribusi pemroses)
4.BIOS= (Basic Input Output System)
5.I S P = (Internet Service Provider)
6. Accounting adalah merekam kegiatan pengguna, jatah pemakaian sumber daya (keadilan atau kebijaksanaan).
7. Address : Angka-angka yang menunjukkan lokasi di dalam memori sebagai tempat tersimpannya informasi.
8. Application code merupakan kode ditulis secara khusus untuk sebuah aplikasi yang dibuat dalam bahasa seperti Java.
9.e-mail = sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet
10.internet explorer = disingkat IE atau MSIE , sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft
11. Bus : Sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasi informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat.
12.3G = singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology , umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless). 3G juga berguna untuk menelepon, tetapi dengan 3G, penelepon dan penerima bisa saling bertatap muka
14.infrared = radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak
15.OHP = Overhead Proyektor , benda yang berguna untuk melihat bayangan gambar diapositif seperti yang umumnya digunakan untuk presentasi di kelas
16.software = program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras , dapat juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras
17.hardware = semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya
18.brainware = Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem computer
19. Monitor EGA = Enhanced Graphics Adaptor , mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA
20. Timesharing=Time-sharing adalah berbagi sumber daya komputasi antara banyak pengguna melalui multiprogramming dan multi-tasking.
21.Multi programming (multitasking)
22.Multiprocessing (pemroses)
23.Distributed Processing/ Computing (distribusi pemroses)
24.BIOS= (Basic Input Output System)
25.I S P = (Internet Service Provider)
26. Accounting adalah merekam kegiatan pengguna, jatah pemakaian sumber daya (keadilan atau kebijaksanaan).
27. Address : Angka-angka yang menunjukkan lokasi di dalam memori sebagai tempat tersimpannya informasi.
28. Application code merupakan kode ditulis secara khusus untuk sebuah aplikasi yang dibuat dalam bahasa seperti Java.
29.e-mail = sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet
30.internet explorer = disingkat IE atau MSIE , sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft
31. Bus : Sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasi informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat.
32.3G = singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology , umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless). 3G juga berguna untuk menelepon, tetapi dengan 3G, penelepon dan penerima bisa saling bertatap muka
34.infrared = radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak
35.OHP = Overhead Proyektor , benda yang berguna untuk melihat bayangan gambar diapositif seperti yang umumnya digunakan untuk presentasi di kelas
36.software = program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras , dapat juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras
37.hardware = semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya
38.brainware = Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem computer
39. Monitor EGA = Enhanced Graphics Adaptor , mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA
40. Timesharing=Time-sharing adalah berbagi sumber daya komputasi antara banyak pengguna melalui multiprogramming dan multi-tasking.
41.)Password adalah kode sandi yang harus dimasukkan ke dalam suatu sistem baik itu sistem komputer yang menggunakan system oprasi windows atau bukan yang berupa karakter tulisan, suara, atau ciri-ciri khusus yang harus diingat
42.) Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
43.)super user adalah system yang memiliki hak akses penuh
44.)proses adalah program dalam eksekusi. Suatu proses adalah lebih dari kode program, dimana kadang kala dikenal sebagai bagian tulisan. Proses juga termasuk aktivitas yang sedang terjadi, sebagaimana digambarkan oleh nilai pada program counter dan isi dari daftar prosesor/ processor’s register.
45.) Thread adalah sebuah alur kontrol dari sebuah proses. Suatu proses yang multithreaded mengandung beberapa perbedaan alur kontrol dengan ruang alamat yang sama.
46.) Sinkronisasi adalah Komunikasi antara proses yang membutuhkan place by calls untuk mengirim dan menerima data primitive
47.) Starvation adalah suatu proses meninggalkan critical section dan lebih dari satu proses menunggu (waiting).
48.)Software adalah program lunak dalam computer
49.) Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
50.)Hardware adalah perangkat keras dalam computer
51.)Eror adalah kerusakan sementara dalam jaringan computer
52.)Download adalah mengambil data atau file dari komputer server, bisa melalui jaringan internet bisa juga melalui jaringan local
53.) Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
54.) Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
55.) File System adalah metoda untuk memberi nama pada berkas dan meletakkannya pada media penyimpanan.
56.) Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan
57.) Mikroprosesor adalah singkatan dari prosesor biasa juga disebut CPU (central processing unit). Komponen ini merupakan sebuah cip. Cip (chip atau IC/Integrated circuit) adalah sekeping silikon berukuran beberapa milimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik lain.
58.) Disk drives adalah major secondary-storage I/O device pada kebanyakan computer
59.) DMA adalah sebuah prosesor khusus (special purpose processor) yang berguna untuk menghindari pembebanan CPU utama oleh program I/O (PIO).
60.)Loading adalah proses menunggu beberapa saat
61.)Input adalah media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
62. Algoritma: segala hal yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
63. Byte: istilah yang biasa dipergunakan sebagai satuan dari penyimpanan data dalam komputer. Satu bita terdiri dari delapan bit.
64. Boot disk: sebuah media penyimpanan data digital (disk) yang mudah dilepas (removable) yang dapat digunakan komputer untuk memuat dan menjalankan (boot) sistem operasi atau program utilitas. Komputer yang bersangkutan harus memiliki program built-in untuk memuat dan menjalankan program boot dari sebuah disk sesuai standar tertentu.
65. Bandwidth: luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah.17.hardware = semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya
66. Bug: merupakan suatu kesalahan desain pada suatuperangkat keras komputer atau perangkat lunak komputer yang menyebabkan peralatan atau program itu tidak berfungsi semestinya. Bugumumnya lebih umum dalam dunia perangkat lunak dibandingkan dengan perangkat keras.
67. Debug: sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk meng-analisa alur kerja program, mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan
68. Device Drive: istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras
69. Hardware: semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
70. Download: proses menerima data (umumnya berbentuk berkas) dari sebuah sistem seperti server web, FTP server, server mail atau sistem serupa lainnya
71. Enconding: proses untuk mengubah sinyal ke dalam bentuk yang dioptimasi untuk keperluan transmisi data atau penyimpanan data.
72. Firewalling: sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman
73. Gateway: sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasiyang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda
74. I/O: bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
75. Input: memasukan data
76. Output: Menampilkan data
77. Password: kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut
78.) Disk drives adalah major secondary-storage I/O device pada kebanyakan computer
79.brainware = Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem computer
80. Monitor EGA = Enhanced Graphics Adaptor , mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA
81. Timesharing=Time-sharing adalah berbagi sumber daya komputasi antara banyak pengguna melalui multiprogramming dan multi-tasking.
82, entity adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik.
83. backup penyimpanan informasi yang jarang digunakan, dan sebagai media pemindahan informasi dari satu sistem ke sistem yang lain. Dan kita dapat menempatkan kembali berkas mana pun yang tidak sengaja terhapus pada waktu siklus dengan mendapatkannya dari back up hari sebelum.
84. address space adalah kumpulan dari segmen-segmen yang mana tiap-tiap segmen mempunyai nama dan panjang.
85. Bad blocks adalah satu/lebih sektor yang rusak pada suatu disk. Pada disk sederhana, bad blocks diatasi secara manual. Untuk disk yang lebih kompleks seperti disk SCSI, bad blocks diatasi dengan sector sparing atau forwarding, yaitu controller dapat mengganti sektor yang rusak dengan sebuah sektor yang terpisah. Alternatif lainnya adalah mengganti sektor tersebut dengan cara sector slipping.
86. Bus adalah koneksi yang menghubungkan beberapa device menggunakan kabel-kabel. Controller adalah alat-alat elektronik yang berfungsi untuk mengoperasikan port, bus, dan device.
87. SJF algoritma mungkin adalah yang paling optimal, karena ia memberikan rata-rata minimum waiting untuk kumpulan dari proses yang mengantri. Dengan mengeksekusi waktu yang paling pendek baru yang paling lama. Akibatnya rata-rata waktu mnenuggu menurun.
88. Boot disk atau system disk adalah disk yang memiliki partisi boot.
89. Algoritma Shortest Job First, Algoritma ini berkaitan dengan waktu setiap proses. Ketika CPU bebas proses yang mempunyai waktu terpendek untuk menyelesaikannya mendapat prioritas. Seandainya dua proses atau lebih mempunyai waktu yang sama maka FCFS algoritma digunakan untuk menyelsaikan masalah tersebut.
90. Algoritma Round Robin (RR,) dirancang untuk sistem time sharing. Algoritma ini mirip dengan penjadual FCFS, namun preemption ditambahkan untuk switch antara proses
91. Multi programming, adalah untuk mempunyai proses berjalan secara bersamaan, unutk memaksimalkan kinerja dari CPU. Untuk sistem uniprosesor, tidak pernah ada proses yang berjalan lebih dari satu.
92. Multiprocessor, membutuhkan penjadualan yang lebih rumit karena mempunyai banyak kemungkinan yang dicoba tidak seperti pada processor tunngal. Tapi saat ini kita hanya fokus pada processor yang homogen (sama) sesuai dengan fungsi masing-masing dari processor tersebut.
93. tape adalah media yang ekonomis apabila media yang ingin digunakan tidak membutuhkan kemampuan random access, contoh: backup data dari data disk, menampung data yang besar. Tape digunakan oleh supercomputer center yang besar untuk menyimpan data yang besar.
94. sistem calls, mengizinkan program yang sedang berjalan untuk membuat permintaan secara langsung dari sistem operasi.
95. polling adalah ketika host mengalami looping yaitu membaca status register secara terus-menerus sampai status busy di-clear. Pada dasarnya polling dapat dikatakan efisien.
96. Interupsi, ketika CPU mendeteksi bahwa sebuah controller telah mengirimkan sebuah sinyal ke interrupt request line (membangkitkan sebuah interupsi), CPU kemudian menjawab interupsi tersebut (juga disebut menangkap interupsi) dengan menyimpan beberapa informasi mengenai state terkini CPU--contohnya nilai instruksi pointer, dan memanggil interrupt handler agar handler tersebut dapat melayanicontroller atau alat yang mengirim interupsi tersebut.
97. Time, setidaknya memiliki tiga fungsi, memberi informasi waktu saat ini, memberi informasi lamanya waktu sebuah proses, sebagai trigger untuk suatu operasi pada suatu waktu.
98. Blocking, eksekusi aplikasi itu akan diberhentikan untuk sementara. aplikasi tersebut akan dipindahkan ke wait queue.
99. Switching, pendekatan yang digunakan dalam protokol jaringan moderen adalah packet switching. Sebuah paket adalah sebagian kecil data yang ditransfer dari satu mesin ke mesin lainnya melalui sebuah jaringan.
100. Boot blocks adalah suatu partisi untuk menyimpan seluruh program bootstrap.
101. Boot disk atau system disk adalah disk yang memiliki partisi boot
102. Buffer Cache, page mungkin mengandung buffer data yang sedang digunakan oleh kernel, device driver dan lain-lain.
103. ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggsdi Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.
104. kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi.
105. Magnetic disk merupakan piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read−write head yang ditempatkan diatas permukaan piringan tersebut.
106. Magnetic tape merupakan media penyimpanan data yang biasanya digunakan untuk komputer jenis mini ataupun mainframe.
107. Main-memory atau lebih dikenal sebagai memori adalah sebuah array yang besar dari word atau byte, yang ukurannya mencapai ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri.Main-memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang akses datanya digunakan oleh CPU atau perangkat I/O. Main-memory termasuk tempat penyimpanan data yang sementara (volatile), artinya data dapat hilang begitu sistem dimatikan.
108. register penunjuk alamat memori merupakan register yang menampung alamat data atau instruksi pada main memory yang akan diakses, baik itu yang akan diambil (dibaca) maupun yang akan diletakkan (disimpan/ditulis).
109. Manajemen memori DOS merupakan mekanisme pengaturan memori pada sistem operasi DOS. Sistem operasi berjalan dalam modus real dengan arsitektur berbasis pprosesor intel x86. Dalam modus real, hanya 20-bit pertama dari bus alamat yang akan digunakan oleh sistem operasi untuk mengakses memori, sehingga menjadikan jumlah memori yang dapat diakses hanya mencapai 220=1048576 bytes (1 MB) saja, dari yang seharusnya 32-bit/40-bit pada prosesor-prosesor modern.
110. (root)Direktori ini terletak pada level teratas dari struktur direktori UNIX. Biasanya direktori root ini
diberi tanda / atau slash. Direktori ini biasanya hanya terdiri dari direktori-direktori lainnya yang
terletak pada level dibawah level direktori root.
111. Sistem batch mengizinkan pengurutan tugas
secara otomatis dengan menggunakan sistem operasi yang resident dan memberikan peningkatan yang
cukup besar dalam utilisasi komputer.
112. (Swap)
Sebuah proses membutuhkan memori untuk dieksekusi. Sebuah proses dapat ditukar sementara keluar
memori ke backing store (disk), dan kemudian dibawa masuk lagi ke memori untuk dieksekusi.
113. troughput menggunakanmemori untuk data yang aktif, dan memindahkan data yang tidak aktif ke disk
114. Programmable interval timer Hardware yang mengukur waktu dan melakukan operasi trigger dinamakan.
115. Penjadualan multiprocessor Multiprocessor membutuhkan penjadualan yang lebih rumit karena mempunyai banyak kemungkinan
yang dicoba tidak seperti pada processor tunngal.

1 komentar: