Sabtu, 05 Maret 2011

Belajar Teknik Pengambilan Gambar

Sebuah foto dianggap bagus bukan hanya karena gambarnya indah, tetapi ia juga mampu mewakili dan memberi makna terhadap suatu peristiwa. Dengan lain kata, gambar tersebut sanggup menempatkan dimensi ruang dan waktu dalam satu momentum.
Untuk itu, seorang fotografer dituntut memiliki beberapa ketrampilan dasar, seperti teknik mengoperasikan kamera, penguasaan tata cahaya dan pemilihan angle. Bagi Anda yang masih bingung mengenai teknik fotografi, berikut ini adalah sebagian dari teknik dasar fotografi, semoga bermanfaat bagi Anda yang mencintai dunia fotografi.
Teknik panning
Panning adalah salah satu teknik fotografi yang menampilan efek gerak pada objek yang bergerak. Caranya dengan mengerakan kamera sealur dengan arah bergeraknya objek, selain itu dalam teknik ini kita menggunakan speed rendah. Agar menjaga gambar backgraound tidak berantakan biasanya pada saat pengambilan gambar kita menggunakan tripod (kaki tiga)
Teknik Freeze
Freeze yaitu teknik meemotret pada objek yang bergerak dengan seolah-olah menghentikan objek yang bergerak itu. Teknik ini menggunakan kecepatan yang tinggi sehingga objek seolah-olah membeku. Biasanya teknik ini digunakan untuk memotret kegiatan olah raga seperti balap motor dan balap mobil.
Teknik Zomming
Zooming yaitu adalah teknik memotret untuk menghasilkan foto dengan efek objek seperti menjauh atau mendekat ke kamera. Pada saat tombol shutter ditekan, ring zoom digerakkan menjauh atau mendekat. Untuk menggunakan teknik ini, kecepatan yang digunakan adalah slow speed.
Teknik Siluet
Teknik ini menempatkan sumber cahaya berada tepat dibalik objek. Sehingga objeynya terlihat gelap, pengaturan kecepatan dan diafragma tergantung dari cahaya yang ada waktu memotretan berlangsung.
Teknik Bulb
Biasanya teknik ini digunakan pada saat malam hari ketika kondisi pencahayaan minim. Pada saat menggunkan teknik bulb, pengendalian shutter speed digunakan secara manual. Shutter akan terbuka ketika tombolnya ditekan dan akan menutup lagi pada saat tombolnya di lepas. Biasanya teknik ini digunakan untuk mengabil gambar lampu mobil dimalam hari, kembang api, light trail dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar